Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 21, 2020

BERANI BICARA BENAR, TAJAM JELAS DAN TERPERCAYA

TENTANG LSM BRANTAS DAN PUNGSINYA DIMATA MASYARAKAT.

Gambar
STRUKTUR ORGANISASI DPP LSM BRANTAS
KODE ETIK LSM BRANTAS MUKADIMAH Bahwa kebebasan berserikat, berkumpul dan menyatakan pendapat adalah hak asasi manusia yang sangat fundamental dan universal serta dijamin oleh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. Oleh karena itu adanya perserikatan dan perkumpulan sesama warga negara seperti halnya LSM BRANTAS merupakan hal yang essensial bagi keberadaan dan kesejahteraan umat manusia. Bahwa keberadaan LSM BRANTAS adalah perwujudan dari tanggungjawab kemanusiaan berupa kebebasan, inisiatif, kesetaraan, pluralisme, solidaritas, keadilan; dan oleh karena itu harus selalu diperjuangkan. Bahwa keberadaan LSM BRANTAS mendorong keterlibatan masyarakat dan menyediakan mekanisme yang vital dalam menggalang solidaritas, serta mempercepat inisiatif warga ma-syarakat dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi bersama. Bahwa LSM BRANTAS mempunyai peran dalam mengembangkan potensi kemandirian dan meningkatkan kepedulian untuk mengatasi persoalan-persoalan k…

ANAK BURUH SERABUTAN LULUS SEBAGAI MAHASISWA TERBAIK

Gambar
Yulina Alumni SMAN 4 OKU Anak Seorang Buruh Serabutan Jadi Mahasiswa Terbaik Unila.
Baturaja-Brantasnews.com | Sebanyak 1.591 Mahasiswa universitas lampung (Unila) di nyatakan Lulus dan menyandang gelar sarjana Strata 1( S1).
Sebelum masuk ke GSG unila Rabu (24/06/2020) semua peserta termasuk rektor unila prof karomani menjalani pemeriksaan protokol kesehatan terlebih dahulu.
Dengan menggunakan thermal gun petugas yang berjaga di depan pintu masuk GSG memeriksan suhu tubuh para tamu undangan .
Hand sanitizer tersebut juga telah disediakan oleh panitia wisuda,setelah di periksa maka di perbolehkan masuk ke lokasi prosesi wisuda.
Hanya 50 orang wisudawan terbaik saja yang di perbolehkan masuk sesuai ketentuan yang berlaku dan sisanya menggunakan virtual online zoom.
Salah satu Wisudawan terbaik unila Yulina Winda Rahma dari pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Berkaca kaca menyaksikan Wisuda dengan Virtual tersebut.
Peraih indeks prestasi komulatif (IPK)3,84 tersebut menjalani masa Studi…

Muslim Sosok Anggota DPRD Yang Merakyat dan Rendah Hati.

Gambar
Muslim Sosok Anggota DPRD Yang Merakyat dan Rendah Hati.
Kota Jambi -brantasnews.com|Sosoknya bersahaja, merakyat dan rendah hati, Berangkat dari bawah, dengan latar belakang sebagai pedagang, siapa sangka sosok satu ini bisa duduk sebagai wakil rakyat di legislatif.
Tak seperti politisi kebanyakan yang memiliki modal mumpuni secara finansial untuk masuk ke kancah politik. Sosok ini justru hanya mengandalkan jaringan relasi dan hubungan baik dengan sesama, namun itu terbukti berhasil membawanya duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Jambi periode 2019-2024
Sosok tersebut adalah H. Muslim Taher, anggota DPRD Kota Jambi dari fraksi Gerindra. H. Muslim sebelumnya lebih luas dikenal sebagai pedagang di Kota Jambi. awalnya adalah ketua RT di lingkungan tempat tinggalnya. Selama menjadi ketua RT, dia dikenal baik dan mampu mengayomi masyarakat sekitar. Sampai saat ini, belum lagi muslim aktif diberbagai organisasi besar mulai dari Lembaga Besar RUDAL (Reformasi Untuk Keadilan) dan masih banya…

MARAK PUNGLI SERTIFIKAT, SILAHKAN LAPORKAN SECARA SMS, TELPON DAN ONLINE

Gambar
Program Percepatan Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL) dituangkan dalam Inpres No. 2 Tahun 2018, Peraturan Menteri ATR/BPN No. 12 tahun 2017 tentang Percepatan Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL) dan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri; Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Dalam peraturan tersebut sumber pembiayaan PTSL sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria No. 12 Tahun 2017 pasal 33, dapat berasal dari: Daftar Isian Program Anggaran (DIPA) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, baik berupa anggaran khusus program PTSL maupun anggaran Program Nasional (Prona), transmigrasi, redistribusi tanah land reform, dan program pensertifikatan Hak atas Tanah; Daftar Isian Program Anggaran (DIPA) kementerian/lembaga pemerintah lainnya; Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi, Kabupaten/Kota dan Dana Desa; Corporate Social Responsibili…

LAGI-LAGI OKNUM PENGURUS BEDAH RUMAH SENGKATI BARU DIDUGA LAKUKAN PUNGLI BEDAH RUMAH.

Gambar
Batanghari-brantasnews.com| kamis 16 juni 2020, media ini mencoba menconfirmasi PJS DESA SENGKATI KATI BARU KECAMATAN MERSAM, KABUPATEN BATANGHARI, PROVINSI JAMBI. terkait kabar adanya dugaan pungli terhadap masyarakat yang ingin mendapatkan program bedah rumah.
Berawal dari beberapa masyarakat yang tidak ingin di sebutkan namanya, sedikitnya ada 4 orabg warga desa sengkati baru, menuturkan kepada media ini terkait bantuan bedah rumah.
Utusan yang di duga dari pemdes sengkati mendatangi beberapa rumah warga, dan menanyakan kepada warga terkait bantuna bedah rumah, jika warga yang ingin mendapatkan bedah rumah, warga tersebut wajib membayar sejumlah uang senilai dua jutah rupiah, uang tersebut harus di setorkan selambat-lambatnya 2 hari.
Jika warga tidak memiliki uang maka warga tersebut batal mendapatkan bantuan bedah rumah tersebut, dan bantuan bedah rumah akan di alihkan kepada warga yang memiliki uang senilai dua jutah rupiah.
Terkait maraknya dugaan pungli didesa sengkati baru, kecama…

ULASAN DAN DASAR HUKUM BAGI OKNUM YANG MENGGELAPKAN UANG ORMAS

Gambar
Organisasi Kemasyarakatan
Pertama-tama perlu kami sampaikan bahwa Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (“UU Ormas”) memberikan definisi yang dimaksud dengan Organisasi Kemasyarakatan (“Ormas”) sebagai berikut:Organisasi Kemasyarakatan yang selanjutnya disebut Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak kebutuhan, kepentingan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.Ormas dapat berbentuk badan hukum atau tidak berbadan hukum.Ormas berbadan hukum dapat berbentuk perkumpulan atau yayasan.Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa suatu organisasi yang tidak berbadan hukum sekalipun juga tetap “legal” di mata hukum karena keberadaannya dijamin oleh UU Ormas secara khusus dan secara umum dijamin oleh konstitusi kita yaitu dalam Pasal 28 E ayat (3) Undang-Undang Dasar…

PRUSAHAAN WAJIB BAYAR PESANGON KARYAWAN YANG DI PHK.

Gambar
Sanksi Perusahaan yang Tidak Bayar Pesangon Karyawan. PENULIS : AMRI KUSUMA.
Keadaan bisnis dan kondisi keuangan perusahaan yang tidak menentu kadang menuntut perusahaan untuk mengambil keputusan untuk mengurangi jumlah karyawan yang ada. Salah satu caranya adalah dengan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Meskipun hubungan kerja antara karyawan dengan perusahaan telah berakhir melalui PHK, namun ada pembayaran kompensasi yang harus dibayarkan oleh perusahaan.
Kewajiban tersebut biasanya disebut sebagai uang pesangon. Pesangon merupakan sejumlah uang yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawan yang terkena PHK. 
Bagaimana jika perusahaan tidak bayar pesangon kepada karyawan? Apakah perusahaan tersebut akan dikenakan sanksi administrasi atau sanksi pidana? Simak penjelasan tentang PHK, uang pesangon, dan sanksi jika perusahaan tidak bayar pesangon di bawah ini.
Jenis-Jenis Uang Pesangon untuk Karyawan Terdapat 3 jenis uang pesangon yang diberikan berdasarkan alasan pemutusan hubung…

wow bupati oku timur di ujung pandemi covid-19 mendapatkan mama baru

Gambar
Di Ujung Pandemi Bupati Oku Timur Mendapatkan Mama Baru
Baturaja Brantas.com: Hati senang dengan rasa gembira sabtu (20/6/2020) kebahagian terlihat jelas dari senyuman Bupati Oku timur  Kholid Mawardi  sesaat setelah melepas masa dudanya dengan mempersunting Hikmatul di kediaman nya di desa sukaraja kec buay madang kabubaten Oku timur sumatra selatan.
Dalam suasana pernikahan terlihat sepasang pengantin dan tamu undangan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti menggunakan masker.
Salah satu staf Pemkab Oku timur Masruhan menjelaskan Bupati Oku timur mempersunting Hikmah (47) sapaan akrabnya,yang berasal dari kelurahan baturaja permai kecamatan baturaja timur Ogan Komering Ulu (Oku) Sum Sel.
Juranalis Brantas yang sempat hadir dalam acara tersebut saat bertanya terkait awal kedekatan keduanya,ia menjelaskan kholid di kenalkan oleh salah satu temannya kepada prempuan tersebut hingga akhir keduanya suka sama suka dan berakhir di pelaminan ' Selamat menempuh hidup baru pak Bupati Oku …

Oknum Kades Dan Dua Rekanya Mendatangi Kejaksaan Tanjung Jabung Barat , Ada Apa ?

Gambar
Oknum Kades Dan Dua Rekanya Mendatangi Kejaksaan Tanjung Jabung Barat , Ada Apa ?
TANJUNG JABUNG BARAT - Brantasnews.com Oknum kades dan ll ( dua ) rekanya mendatangi kantor kejaksaan tanjung jabung barat.what is wrong..!
Kejaksaan Negeri kota  Kuala Tungkal, kabupaten tanjung jabung barat provinsi jambi dalam beberapa waktu lalu telah didatangi oleh oknum Kepala Desa Teluk Kulbi, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.
Informasi yang di dapat bahwa Yuswaji ( kepala desa ) di panggil oleh pihak kejaksaan Negeri Kuala Tungkal, terkait permasalahan dugaan korupsi pembangunan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS III) Tirta Mas Desa Teluk Kulbi.
Namun informasi tersebut dibantah oleh Kasi Intel Kejari Tanjabbar, Arnold Saputra . saat di konfirmasi, Rabu (17/6).Bahwa pihaknya tidak ada jadwal pemanggilan terhadap kepala desa tersebut atau yang di maksud itu.
“Memang ada yang datang beberapa hari lalu, tapi bukan kita panggil, mereka datang ini untuk berikan …

MENEMUKAN PUNGLI, SILAHKAN LAPOR KESINI.

Gambar
JAKARTA-brantasnews.com - Pemerintah telah menyiapkan sistem pelaporan praktik pungutan liar dari masyarakat.
Sistem pelaporan ini dirilis seiring dengan penerbitan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.
Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto menjelaskan, masyarakat bisa melaporkan praktik pungli dengan tiga cara.
"Untuk masyarakat paham internet, disiapkan website saberpungli.id. Silahkan lapor di sana," ujar Wiranto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (21/10/2016).
Di website yang dikontrol dari Kantor Menko Polhukam itu, masyarakat harus meregistrasi identitas terlebih dahulu untuk memastikan validitas laporan.
Cara kedua, pemerintah menyediakan layanan SMS call center di nomor 1193. Masyarakat tinggal menyampaikan secara singkat di mana, kapan dan siapa yang melakukan pungli itu.
Cara ketiga, disediakan pula hotline telpon di nomor 193. Masyarakat yang menemui atau menjadi korban pungli juga dapat mengadukan…

KUNJUNGAN KETUA DPAC LSM BRANTAS BATANG ASAM, KE MARKAS DPP LSM BRANTAS

Gambar
Silaturahmi ketua DPAC LSM BRANTAS BATANG ASAM Ke DPP di LSM  Brantas RI
Muara Jambi- brantasnews.com|Ketua DPAC LSM BRANTAS kecamtan Batang Asam kabupaten Tanjab barat, Sabtu,(20/20), Silaturahmi ke kantor DPP LSM Brantas RI  di Kabupaten Muara Jambi disambut baik oleh Sekjend DPP LSM Brantas RI.
Dalam pertemuan Kemas Mirwan Aw selaku ketua DPAC LSM BRANTAS BATANG ASAM ini menjelaskan, Sungguh sangat senang telah bertemu dengan sekjend DPP LSM BRANATS RI dan saya merasa bangga bisa bertatap muka langsung dan berbincang-bincang bersama beliau.
Saya selain silaturahmi juga sekalian Ambil KTA Anggota LSM Brantas Batang Asam dan Surat pengesahan dan pengukuhan, banyak hal juga yang di bicarakan tentang LSM Brantas kedepannya supaya LSM  Brantas selalu membela rakyat"ungkapnya Kemas
Tambah Kemas, Banyak ucapkan terima kasih kepada jajaran LSM Brantas DPP RI yang sudah mempercayai Kami sebagai ketua DPAC LSM Brantas untuk kecamatan Batang Asam, kabupaten tanjung jabung barat, provinsi jam…

KADES PUNYA JURUS ANTI FOTO, WARTAWAN KELUHKAN ITU.

Gambar
Selalu Gagal Di Ambil Gambar Seorang Kades Mempunyai ilmu penangkal Anti Untuk Di Photo.
Baturaja-Brantasnews.com|Jumat kliwon adalah hari yg sangat bersejarah bagi kelahiran seorang atau yang mempunyai ilmu yg sangat dalam.
29 mei 2020 tepatnya di hari jumat kliwon yg lalu .....jurnalis brantas mengunjungi di salah satu kades yang tak asing lagi di mata media dan selalu sportif pabila di tanya tentang kemajuan desa nya dan blak blakan kejujuran nya pada media brantas,sebut saja dia Ey kades yg berpenampilan sederhana,menarik dan canda humor nya selalu ada tawanya berbahak bahak.......
Brantas di dalam berbincangan nya sama pak kades ...

' Brantas : pak kades selama memimpin di desa apa keluhan saudara yg pernah bapak keluhkan......
Pak kades : Tentunya biasa aja tetapi tuduhan tuduhan yg tidak semua kades ada bukti dan membuat geli di hati..
Brantas : Seperti apa pak kades yang tidak ada bukti,ku rasa setiap jurnalis bertanya itu sdh ada mendekati bukti bukti....
Pak kades : yaa seperti…