CONFRENSI PERSTentangINFORMASI PERKEMBANGAN DATA SEBARAN ODP, PDP DAN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19 DI KABUPATEN ACEH TAMIANG


BrantasNews.com
Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Juru Bicara Pemerintah Agusliayana Devita, pada Kamis (30/04/20) sekira pukul 14.00 wib, mendapatkan informasi dari Direktur RSUD Aceh Tamiang dr.T Dedy Syah bersama dr.Andika Putra, SpPD selaku Koordinator Lapangan Penanganan Covid-19 RSUD Aceh Tamiang dan dr. Hardekky selaku Tim Informasi Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Aceh Tamiang menyampaikan sebagai berikut :  

Terdapat 6 orang PDP asal Aceh Tamiang yang telah dirujuk untuk dilakukan uji Swab Tenggorokan, terdiri 5 PDP semuanya berjenis kelamin laki – laki di RSUDZA Banda Aceh dan 1 PDP berjenis kelamin perempuan di RS Cut Meutia Lhokseumawe.

Dari hasil Uji Swab melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (BALITBANGKES) Aceh, didapat 1 PDP dengan hasil Positif dan 4 PDP dengan hasil negatif, sementara untuk 1 PDP belum memperoleh hasil swabnya.

Adapun rincian hasil Uji Swab ke 5 PDP tersebut, 1 PDP Positif Covid-19 dengan inisial AJ (lk) beralamat Kampung Alur Cucur Kecamatan Rantau dengan riwayat perjalanan dari Magetan Jawa Timur yang dirujuk di RSUDZA Banda Aceh dan 3 PDP Negatif Covid-19 yang dirujuk di RSUDZA masing - masing  MR (lk) domisili Kampung Pantai Cempa Kecamatan Bandar Pusaka, MF (lk) domisili Kampung Alur Tani 2 Kecamatan Tamiang Hulu, AH (lk) domisili Muka Sei Kuruk Kecamatan Seruway juga dengan riwayat perjalanan  dari Magetan Jawa Timur,  sedangkan 1 PDP NH (pr) yang dirujuk di RS Cut Meutia Lhokseumawe dengan riwayat perjalanan dari Medan berdomisili di Kecamatan Bandar Pusaka.

Pihak RSUD dan Dinas Kesehatan Aceh Tamiang akan melakukan koordinasi lebih lanjut untuk kepulangan 4 PDP dengan hasil negatif dan perawatan lanjutan untuk 1 orang PDP Positif Covid-19, dimana kondisi kesemua PDP secara umum sehat.

Tim Dinas Kesehatan telah meminta kepada ODP, PDP dan anggota keluarga  juga kepada masyarakat yang telah memiliki riwayat perjalanan dari daerah transmisi untuk melakukan isolasi diri secara mandiri dirumah, serta menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Diminta kepada masyarakat yang telah melakukan perjalanan dari daerah atau wilayah transmisi agar dapat melapor ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan awal oleh Petugas Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan antisipasi dini penyebaran virus Covid-19.

Pemerintah berharap kepada Masyarakat Aceh Tamiang khususnya sekitar pemukiman tempat tinggal PDP untuk tidak mengucilkan PDP dan keluarganya karena wabah penyakit ini bukanlah suatu aib, dukungan dan empati sangat dibutuhkan pasien dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terus menghimbau agar masyarakat Aceh Tamiang tidak panik namun harus waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan, mentaati semua peraturan dan kebijakan yang telah dibuat oleh Pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19. Tiada guna berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah untuk memberantas virus ini, jika masyarakat sendiri masih tidak mau sadar untuk melaksanakannya seperti memakai masker di semua aktivitas, meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga jarak atau tetap dirumah.

Adapun informasi ini dikeluarkan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan  reaksi cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Aceh Tamiang.

Aceh Tamiang, 30 April 2020
Kepala Bagian Hubungan Masyarakat selaku
Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Aceh
 Tamiang, kabag Humas Kantor Bupati Agusliayana Devita S. 
STP. M. Si.

Reporter : Jon
Editor.     : a.k 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi lagi",Diduga Oknum Guru SMP Di Kabupaten Muara Enim Menganiaya Murid

dump truk warna putih, membawa mutiara hitam PT. DANA ARTHA MINING(DAM) subkontraktor dari PT. MUSI PRIMA COAL tabrak lari pengendara sepeda motor

Kebakaran Hebat di Kelurahan Kampung Nalayan, Jalan Baharek Ujung.