PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ( PLTS ) RAIB DI DESA KUALA SEBRANG ,INI KETERANGAN KEPALA DESA.

PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ( PLTS ) RAIB DI DESA KUALA SEBRANG ,INI KETERANGAN KEPALA DESA.

BRANTASNEWS.COM ,TANJAB BARAT - Program PLTS Masuk Desa yang telah memperoleh sambutan sangat menggembirakan dari masyarakat pedesaan dan telah terbukti dapat berjalan dengan baik.

Guna implementasi Program Listrik Tenaga Surya untuk Sejuta Rumah Program ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai target Pemerintah dalam mengaliri listrik seluruh pedesaan dan daerah terpencil di Indonesia.


Di informasikan ,Menurut kajian para perekayasa dan peneliti BPPT, potensi energi matahari bisa mencapai 4,8 kwh/m2, dan hal itu merupakan sebuah potensi yang luar biasa bagi Indonesia untuk memanfaatkan tenaga surya.

 
Pembangunan sistem PLTS ( pembangkit listrik tenaga Surya ) sangat membantu masyarakat miskin yang ada di pedesaan terpencil yang tidak terjangkau listrik.

Dalam hal ini sejumlah desa di kabupaten Tanjung Jabung barat ,provinsi Jambi telah mendapatkan bantuan program pembangkit listrik tenaga Surya ( PLTS ) tepatnya di desa Muara seberang , kecamatan sebrang kota.

Sangat di sayangkan bantuan tersebut tidak di jaga dengan baik alhasil pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS ) Tersebut raib / hilang tak berkesan.

Saat di konfirmasi kepala desa " Sahwani "  terkait hilangnya atau raibnya komponen PLTS yang Atara lain :

1. Sel Surya .
    
Sel surya atau panel surya adalah alat yang digunakan untuk menyerap dan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik.

2.Panel Polykristalin

Panel pply-kristal terbuat dari kristal silikon block cast. Hal ini menciptakan efek logam serpihan pada panel.

3.panel Monokristalin

panel Monokristalin terbuat dari kristal silikon tunggal, baik yang ditemukan secara alami atau tumbuh dilaboratorium.

4.Solar charge controller PWM.

Fungsi Solar charge controller PWM  adalah melakukan pengisian muatan listrik kedalam baterai dengan arus yang besar ketika baterai kosong dan kemudian arus pengisian diturunkan secara bertahap ketika baterai semakin penuh.


5.Aki engine starter .

Aku engine starter , pada umumnya dibuat dengan pelat timbal yang tipis namun banyak sehingga luas penampang lebih besar. Dengan demikian, baterai (aki) ini bisa mempunyai arus listrik yang besar pada saat awal untuk menghidupkan mesin.

Kepala desa " SAHWANI " mengatakan.

" Kompenennya diberikan kepada masyarakat atau di ambil masyarakat baik dari batre ( Aki ) hingga panel ," Kata Kades Sahwani dengan tidak menyebutkan komponen-komponen lainya yang hilang atau raib.

Saat dipertanyakan dasar atau berita acara Terkait masyarakat yang mengambilnya yang notabenya  kepala desa mengetahui,ia hanya mengatakan .

" Adalah Timnya , Nantilah ," Tambanya.

Saat di lakukan investigasi rekan awak media hanya menemui kabel  yang terpotong dan tidak di temukan lagi sisa atau bekas Stasiun pembangkit listrik tenaga Surya ( PLTS ) yang bahwasanya telah pernah berdiri di desa tersebut.

Dalam hal ini awak media Harapkan permasalahan ini menjadi perhatian khusus dari pihak-pihak terkait atas hilanya atau raibnya aset negara pembangkit listrik tenaga Surya ( PLTS ) Di desa Muara sebrang, kecamatan sebrang kota, kabupaten Tanjab barat Provinsi Jambi.( Red ).


HERI WENDRA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi lagi",Diduga Oknum Guru SMP Di Kabupaten Muara Enim Menganiaya Murid

dump truk warna putih, membawa mutiara hitam PT. DANA ARTHA MINING(DAM) subkontraktor dari PT. MUSI PRIMA COAL tabrak lari pengendara sepeda motor

Nekat ! Diduga Akun Facebook Milik Kades Sindir Wabub Dan Oknum Anggota Dprd Tanjab Barat.