Perayaan Idul Adha 1444 H, Lapas Muara Enim Sembelih 7 Hewan Qurban

Brantasnews.com - Muara Enim 
Dalam semangat Idul Adha yang penuh berkah, Para narapidana dan petugas Lapas Muara Enim seusai melaksanakan ibadah shalat ied melanjutkan dengan bergotong royong dalam penyembelihan hewan qurban. Kamis, (29/06/2023).

Adapun jumlah hewan qurban yang disiapkan, terdiri dari 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Tradisi penyembelihan hewan qurban ini di Lapas Muara Enim tidak hanya sekadar ritual semata, tetapi juga bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai kepedulian, berbagi, serta saling menghormati antara narapidana dan petugas Lapas.

Seluruh proses penyembelihan dilakukan dengan seksama dan berdasarkan aturan syariat Islam, melibatkan narapidana yang telah terlatih dalam proses tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kalapas Muara Enim Herdianto mengatakan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini memiliki nilai yang sangat luar biasa. "Selain untuk ibadah juga guna mempererat hubungan silaturahmi antar sesama, kegiatan ini juga mengajarkan tentang pentingnya berbagi, kepedulian dan arti sebuah pengorbanan" ucapnya.

"Penyembelihan hewan qurban di Lapas Muara Enim juga merupakan salah satu bentuk pembinaan spiritual yang kami berikan kepada narapidana. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu mereka merenungkan dan memperbaiki diri serta menjadikan Idul Adha sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT," ujarnya

Herdianto melanjutkan daging qurban ini nanti tidak hanya dibagikan kepada para narapidana maupun petugas, tetapi juga menyumbangkan sebagian daging kepada masyarakat di sekitar lingkungan Lapas.

"Dalam upaya untuk berbagi dan memberikan manfaat kepada sesama, kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa narapidana juga memiliki potensi untuk berkontribusi positif kepada masyarakat," Tandas Herdianto

Reporter : Isfa.R

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi lagi",Diduga Oknum Guru SMP Di Kabupaten Muara Enim Menganiaya Murid

dump truk warna putih, membawa mutiara hitam PT. DANA ARTHA MINING(DAM) subkontraktor dari PT. MUSI PRIMA COAL tabrak lari pengendara sepeda motor

Kebakaran Hebat di Kelurahan Kampung Nalayan, Jalan Baharek Ujung.