DIDUGA PUNGLI TILANG, POLRES ROHUL DIMINTA BENTUK TIM KHUSUS AWASI POLANTAS

DIDUGA PUNGLI TILANG, POLRES ROHUL DIMINTA BENTUK TIM KHUSUS AWASI POLANTAS


Riau-Brantasnews.com|Ketua Lsm Brantas Provinsi Riau Antonio Hasibuan meminta kepada Jajaran Polres Rokan Hulu ( Rohul ) untuk segera melakukan dan pengawasan dengan membentuk tim  khusus terhadap satuan polisi lalulintas yang ada di Polres Rokan Hulu. 

Terkait untuk menindak terjadinya dugaan kasus pungutan liar (pungli) tilang untuk polantas.
Kapolres AKBP PANGUCAP melalui WhatsApp Senin,  22/8/22 sore mengatakan, tidak dibenarkan anggota polantas memperjualbelikan surat tilang jika korban bersedia buat saja laporan kepada Propam ujar Kapolres Rohul itu.

Dalam Undang-undang 22 tentang Tertib Lalin dan Angkutan Umum, denda atau tilang pelanggaran sebesar antara Rp 100 ribu hingga mencapai Rp 1 juta. Besaran denda itu, bisa saja berpotensi dimanfaatkan oknum polisi melakukan pungli. Misalnya, meminta uang tilang yang lebih murah dari ketentuan undang-undang ke pelanggar dan uang tersebut tidak disetorkan ke negara, tapi masuk kantong pribadi.

Ketua Lsm Brantas Provinsi Riau Antonio Hasibuan meminta kepada Kapolres Rohul segera melakukan pengawasan pungli, dan setiap kePengawasan juga segera dilakukan mulai dari materiil surat tilang. Petugas yang diberi surat tilang akan segera diminta pertanggungjawabannya," berapa surat tilang yang akan dikeluarkan dan berapa surat tilang yang dikembalikan.

Ketua Lsm Brantas Provinsi Riau juga meminta kepada Kapolres Rohul menekankan kepada anggota jajarannya untuk lebih mengedepankan upaya humanis daripada tilang karena dengan sikap ramah, kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri akan terbangun dengan sendirinya. Misalnya, jika terjadi pelanggaran pengendara tidak menggunakan helm, maka polisi wajib menegur dan menahan sementara pengendara. Saat itu pula, pelanggar diberikan kesempatan untuk menghubungi keluarga untuk mengantarkan helm ke lokasi pelanggaran atau pelanggar diberi kesempatan mengambil sendiri helmnya di rumah.
 ”Memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat, merupakan dasar terbangunnya kepercayaan masyarakat pada Polri. (Tim)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi lagi",Diduga Oknum Guru SMP Di Kabupaten Muara Enim Menganiaya Murid

dump truk warna putih, membawa mutiara hitam PT. DANA ARTHA MINING(DAM) subkontraktor dari PT. MUSI PRIMA COAL tabrak lari pengendara sepeda motor

Nekat ! Diduga Akun Facebook Milik Kades Sindir Wabub Dan Oknum Anggota Dprd Tanjab Barat.