STAKEHOLDER DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERKUMPULAN LSM BRANTAS

STAKEHOLDER DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERKUMPULAN LSM BRANTAS 

OLEH : SEKJEND DPP untuk Seluruh DPD, DPC dan PAC LSM BRANTAS

Ada beberapa hal yang tidak pernah kita sadari salah satunya yaitu istilah yang sering muncul dan sering kita dengar : “Stakeholder”. Sebenarnya apakah arti dari stakeholder itu?  Istilah yang tidak asing namun terasa asing jika kita tidak mengetahui artinya. Stakeholder adalah pihak pemangku kepentingan atau beberapa kelompok orang yang memiliki jabatan di dalam perkumpulan LSM BRANTAS  yang dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh tindakan dari program kerja secara keseluruhan. 

Stakeholder dikelompokkan menjadi dua yaitu stakeholder internal dan stakeholder eksternal. Stakeholder internal meliputi organisasi / Program kerja LSM BRANTAS  itu sendiri, pemegang jabatan, Dewan Pendiri dan para Pengurus LSM BRANTAS  Sedangkan stakeholder eksternal meliputi Publik, Masyarakat pesaing, (pemerintah,) sebuah komunitas lokal di suatu daerah, media, masyarakat secara umum, dll.

Dalam hal menyeimbangkan peran dan hubungan antara stakeholder, maka perkumpulan LSM BRANTAS harus memiliki tanggung jawab sosial atau yang biasa dikenal dengan istilah CSR (Corporate Social Responsibility) kepada para stakeholdernya jika menginginkan Perkumpulan LSM BRANTAS terus beroperasi dalam jangka panjang, terlebih lagi dalam hal memaksimalkan Program Kerja Perkumpulan.

Beberapa contoh tanggung jawab sosial ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

Tanggung jawab sosial kepada Pengurus LSM BRANTAS 
Dalam melakukan program kerja organisasi.
para Pendiri atau Badan Pengurus harus memiliki tanggung jawab sosial pada anggota dan atau anggota Pengurus seperti memberikan fasilitas administrasi yang baik dan sesuai bagi anggota pengurus , memberikan Bimbingan Teknis sesuai dengan program kerja yang tetapkan, dan tidak melakukan diskriminasi dalam hal apapun pada anggota yang sudah benar melakukan kegiatan Program Kerja.

Tanggung jawab sosial kepada Masyarakat
Jika dahulu kita sering mendengar pernyataan “Masyarakat adalah Hak tertinggi”, sekarang pernyataan tersebut berubah menjadi “Masyarakat adalah mitra”. Seperti pernyataan bahwa Masyarakat adalah mitra berarti Perkumpulan LSM BRANTAS harus bisa menjadi rekan baik bagi para Masyarakat. 

Lewat pendekatan CRM (Customers Relation Management), perkumpulan LSM BRANTAS berusaha memberikan manfaat yang baik dengan mensosialisasikan  kepada para Masyarakat dengan harapan adanya Repeat Order  dari mereka.

Tanggung jawab sosial kepada LSM BRANTAS
Kerja sama antara Perkumpulan LSM BRANTAS  dengan para Publik harus dijaga dengan adanya tindakan kejujuran dalam penetapan komitmen dan hak untuk melakukan upaya-upaya, mengedepankan rasa toleransi agar tercipta hubungan jangka panjang dalam program kerja selalu bertukar informasi dengan Publik, dan melakukan perjanjian secara tepat waktu pada para Publik.

Tanggung jawab sosial pengurus Perkumpulan
harus melibatkan pemegang kebijakan tertinggi yaitu ketua Badan Pengurus  LSM BRANTAS (Pendiri) dalam pembuatan sebuah keputusan di perkumpulan. Karena perkumpulan memiliki tanggung jawab berkaitan dengan kepuasan publik dan semua keputusan yang diambil oleh Perkumpulan adalah demi kepentingan Publik. Hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan ini harus tetap terjaga agar tujuan obyektif Perkumpulan LSM BRANTAS  dapat tercapai dengan maksimal.

Tanggung jawab sosial kepada lingkungan
Tanggung jawab sosial di sini berkaitan dengan hal kelestarian lingkungan. Beberapa hal yang biasanya dilakukan perkumpulan adalah memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar seperti di bidang pendidikan, kesehatan, fasilitas umum, dan bantuan sosial.

Penting bagi individu yang berkecimpung di dunia aktivis atau calon aktivis untuk mengetahui tentang para stakeholder mereka dan bagaimana tanggung jawab sosial kepada para stakeholder agar terbangun kerjasama yang kuat antara keduanya demi mencapai visi, misi, dan tujuan Perkumpulan agar maksimal.

Demikian pendapat ini saya sampaikan ke JAJARAN LSM BRANTAS 

Semoga menjadi motivasi dan dasar dalam melakukan Tindakan Program kerja LSM BRANTAS

Salam sukses selalu buat rekan rekan LSM BRANTAS,BERANI BERJUANG SAMPAI TUNTAS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi lagi",Diduga Oknum Guru SMP Di Kabupaten Muara Enim Menganiaya Murid

dump truk warna putih, membawa mutiara hitam PT. DANA ARTHA MINING(DAM) subkontraktor dari PT. MUSI PRIMA COAL tabrak lari pengendara sepeda motor

Nekat ! Diduga Akun Facebook Milik Kades Sindir Wabub Dan Oknum Anggota Dprd Tanjab Barat.