Khiruddin Dprd Provinsi sumbar serahkan ALSINTAN

Sumbar-Brantasnews.com|Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi Gerindra, Khairuddin Simanjuntak kembali menyerahkan alat sistem pertanian (Alsintan) kepada petani di Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Senin (28/6).

Kali ini, dua unit bantuan Combine Harvester (Jarwo) pokok pikiran (Pokir) anggota Banggar DPRD Sumbar diserahkan kepada, Keltan Harapan Bahagia dan Keltan Hikmah Maju, di Sukadamai Kecamatan Panti. Penyerahan dua unit mesin pemanen padi merk Yanmar AW70V itu bertempat dikediaman Khairuddin Simanjuntak, di Sukadamai III, Nagari Persiapan Panti Utara, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman.

Camat Panti, Aswar mengapresiasi penyerahan bantuan dua unit alsistan Jarwo kepada petani setempat. Menurutnya, keberadaan Jarwo ini akan meringankan beban masyarakat disaat musim panen tiba.

"Terimakasih atas perjuangan pak Khoiruddin atas bantuan tersebut sebab akan dapat meringankan beban masyarakat petani. Kita tahu, bahwa 85 persen masyarakat Panti bermata pencaharian sebagai petani. Sebelumnya, beliau baru saja menyerahkan 9 unit betor untuk petani,"katanya.

Bantuan alsintan ini, kata dia, merupakan sebuah keuntungan bagi petani di Panti. Sebelumnya, petani di daerah ini sengaja mendatangkan mesin jarwo dari luar untuk memanen padi di sawah dengan biaya Rp 550 per kilogram. "Saya berharap, alat ini harus dijaga dengan baik oleh keltan penerima. Tolong dipelihara, sebab pemerintah tidak menyediakan anggaran dana pemeliharaan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar, diwakili Yustiadi mengatakan, bahwa harga alat pemanen padi ini sangat mahal sekali, harganya bisa mencapai ratusan juta. Dikatakan, dalam satu hektar sawah mesin Combine Harvester ini hanya membutuhkan waktu 6 jam.

Harga alat ini bisa satu Fortuner, satu unitnya Rp 500 juta. Kami, Dinas TPHP Sumbar hanya ditugaskan untuk pengadaan. Semua ini berkat perjuangan dan pokir wakil Bapak/Ibu di DPRD Sumbar, yakni Bapak Khairuddin Simanjuntak. Yang gigih dan peduli kepada masyarakat petani," katanya.

Sementara itu Khairuddin Simanjuntak mengatakan, dua unit alat pemanen padi itu untuk mempermudah masyarakat dalam memanen padi mereka serta untuk meringankan biaya petani. Dikatakan, bantuan 2 unit Jarwo itu merupakan pokok pikirannya atas aspirasi masyarakat setempat.

Insha Allah, masih banyak bantuan untuk petani. Setelah ini akan datang lagi bantuan mesin rumput 40 unit. Setelah itu, khusus buat Ibu-Ibu akan datang lagi ternak ayam dan itik," ucapnya.

Turut hadir saat penyerahan alat sistem pertanian yakni Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman, Yulius Erita, Kadis Pertanian Provinsi Sumbar, Kadis Pertanian Kabupaten Pasaman, Efriyanto, Camat Panti Aswar, Wanag Pantura, Refrizal dan puluhan anggota keltan.

Ket Foto: Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Fraksi Gerindra, Khairuddin Simanjuntak saat menyerahkan alat sistem pertanian jenis Combine Harvester (Jarwo) kepada dua kelompok tani.

Reporter : Ali p

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi lagi",Diduga Oknum Guru SMP Di Kabupaten Muara Enim Menganiaya Murid

dump truk warna putih, membawa mutiara hitam PT. DANA ARTHA MINING(DAM) subkontraktor dari PT. MUSI PRIMA COAL tabrak lari pengendara sepeda motor

Kebakaran Hebat di Kelurahan Kampung Nalayan, Jalan Baharek Ujung.