penjelasan kepala dinas kesehatan kabupaten muara enim Dr. Eni Zatila tentang viralnya alat GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry)

Brantasnews.com | Muara Enim
Tekait adanya berita beberapa minggu yang lalu masalah GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry) di dinas kesehatan muara enim,sumatra selatan

Awak media bersilaturahmi kedinas kesehatan muara enim tepatnya ruangan kantor DR. ENI ZATILA.
Saat tim brantas menanyakan tentang viralnya alat GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry) saat itu Dr. Eni Zatila dengan santai menjelaskan kepada tim brantas bahwasanya harga alat GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry) 
Memang benar harganya Rp2.337.500.000,- Ucap Dr.eni zatila sebagai kepala dinas kesehatan kabupaten muara enim, alat tersebut bukanlah satu Item akan tetapi satu set.

kemudian Dr.Eni Zatila menambahkan Sebenarnya sudah ada pengaduan LSM dan saat ini sedang dalam proses oleh APIP (inspektorat) dan APH,
 Pengadaan alat ini secara e-purchasing melalui e-catalog. Alatnya tidak satu Item akan tapi 1 set,
Dan harganya tersebut bukan Rp 300.000.000 ,- Rp 1.600.000.000 tapi Rp.2.337.500.000 Insya'allah, tdk ada mark up untuk harga kalo belanja di e-catalog. Semuanya sesuai prosedur belanja dan terekam secara elektronik.. tegasnya.

Awak media menanyakan kepada dr.eni zatila Mengenai alat tersebut kenapa tidak boleh dilihat,
 Alat tersebut adalah alat yang sensitifnya sangat tinggi,tidak sembarang orang bisa masuk untuk melihat alat tersebut tutur Dr.Eni Zatila, maka dari itu alat tidak diperkenankan melihat dan mefoto,.

ketika ditanya tentang adanya pengaduan LSM, kepala dinas tersebut menjawab !
 Silahkan Hak mereka untuk mengadukan,
asal jangan menghakimi dan menghambat pekerjaan saya,
 Ada sebuah prosedur kerja yang juga kami lalui, Kami juga tidak mau gegabah urusan pengadaan atau konstruksi.
karena kami berusaha semaksimal mungkin mengejar kualitas untuk muara enim lebih maju .. dan bukan untuk merusak muara enim. 
Dari dulu saya bekerja dimanapun menggunakan prinsip seperti itu tegasnya.

Penjelasan alat GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry).

GC-MS (Gas Chromatography-Mass Spectrometry) merupakan salah satu teknik analisis yang paling umum digunakan untuk analisis senyawa organik yang mudah menguap.

GC-MS terdiri dari dua sistem terpisah, yaitu GC dan MS, yang digabungkan menjadi satu instrumen. Sampel yang mengandung senyawa volatile diinjeksikan ke dalam sistem GC, di mana senyawa-senyawa tersebut akan dipisahkan berdasarkan sifat kepolarannya di dalam kolom yang terisi dengan fase stationer. Setelah terelusi dari sistem GC, senyawa-senyawa tersebut akan masuk ke dalam sistem MS, di mana senyawa-senyawa tersebut akan diionisasi dengan energi tertentu dan difragmentasi menjadi ion-fragment.

Ion-fragment tersebut kemudian akan dideteksi oleh detektor MS, dan hasil deteksi ini akan diolah oleh komputer untuk menghasilkan spektrum massa dari senyawa-senyawa tersebut. Spektrum massa ini kemudian akan digunakan untuk mengidentifikasi senyawa-senyawa tersebut berdasarkan pola fragmentasi unik dari masing-masing senyawa.

Kombinasi GC dan MS memungkinkan pemisahan senyawa-senyawa yang sangat kompleks dan analisis yang sangat sensitif, sehingga GC-MS sering digunakan dalam berbagai bidang, termasuk analisis lingkungan, analisis makanan, analisis forensik, dan lainnya. (MJ)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terjadi lagi",Diduga Oknum Guru SMP Di Kabupaten Muara Enim Menganiaya Murid

dump truk warna putih, membawa mutiara hitam PT. DANA ARTHA MINING(DAM) subkontraktor dari PT. MUSI PRIMA COAL tabrak lari pengendara sepeda motor

Nekat ! Diduga Akun Facebook Milik Kades Sindir Wabub Dan Oknum Anggota Dprd Tanjab Barat.